Pengabdian Kepada Masyarakat Di SMA PMB Kota Bandung - \\

03 April 2018

Pengusaha memegang peran penting dalam pertumbuhan dan kestabilan perekonomian suatu bangsa, dikutip dari www.databoks.com Idealnya jumlah pengusaha adalah 2 persen dari total populasi, tetapi untuk mencapai target pendapatan perkapita yang baik diperlukan 6,13 juta pengusaha atau sekitar 2,5 persen dari populasi. Saat ini jumlah wirausaha yang mapan sekitar 4 juta. Jumlah pengusaha di Indonesia baru mencapai 1,65 persen dari jumlah penduduk. Rasio tersebut jauh tertinggal dibanding dengan jumlah pengusaha yang ada di negeri lain seperti Singapura, Malaysia, maupun Thailand. Sementara negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang bahkan memiliki pengusaha lebih dari 10 persen dari jumlah populasi. Meskipun jumlah pengusaha di Indonesia masih sangat minim, namun survei yang dilakukan oleh Global Entrepreneurship Monitor (GEM) pada 2013, menunjukkan bahwa keinginan berwirausaha masyarakat Indonesia adalah tertinggi kedua di ASEAN setelah Filipina.

Saat ini kegiatan bisnis di Indonesia didukung dengan adanya MEA (masyarakat ekonomi ASEAN) yang mendukung untuk para pengusaha-pengusaha memasarkan produknya lebih mudah, dan dengan banyaknya komunitas wirausaha muda di Indonesia, hal tersebut mengakibatkan tingkat pengusaha muda di Indonesia naik yang semula pada tahun 2014 1,56% menjadi 3,6% pada tahun 2016. Ditambah lagi dengan era digital saat ini yang disegala sektor banyak memanfaatkan teknologi untuk kehidupan sehari-hari terutama untuk kegiatan berbisnis.

Terjadinya pergeseran gaya hidup masyarakat saat ini terutama yang tidak bisa jauh-jauh dari teknologi untuk kegiatan sehari-harinya digunakan oleh para pengusaha untuk lebih menarik hati konsumen agar mau membeli produknya. E-commerce adalah proses penjualan dan pembelian terhadap suatu produk yang mempertemukan pembeli dan penjual secara elktronik yang menggunakan computer sebagai fasilitasnya. Saat ini banyak bisnis offline yang beralih ke online dengan memanfaatkan e-commerce.

Pesatnya perkembangan teknologi membuat dunia tanpa batas, begitu pula dalam dunia bisnis. Pada era digital ini semua orang bisa dengan mudah berbisnis. Begitu banyak website jual beli online yang tersedia dan mudah di akses. Hal tersebut memperluas peluang untuk siapapun bisa memulai bisnisnya tanpa memerlukan modal yang cukup besar. Tidak menutup kemungkinan bagi semua kalangan masyarakat untuk memulai bisnisnya kapanpun dan dimanapun. Terutama untuk kalangan pelajar yang sudah banyak memakai teknologi. Salah satunya adalah smartphone yang dapat dimanfaatkan untuk memulai bisnis secara online. Seiring dengan perkembangan kurikulum di Sekolah Menengah Atas atau sederajat yang merangsang para muridnya untuk memiliki jiwa pengusaha. Didukung juga oleh pemerintah dalam menciptakan pengusaha muda guna untuk membantu meningkatkan perekonomian di Indonesia.

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini akan dilakukan di SMA Pendidikan Membangun Bangsa Bandung yang berlokasi di Jl. Arcamanik no 31 Mekarmanik Cimenyan Bandung . Rata-rata lulusan SMA Pendidikan Membangun Bangsa Bandung tidak melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi. Banyak siswa dan siswi yang lebih berminat untuk langsung bekerja atau berwirausaha dibandingkan dengan melanjutkan studi lanut ke universitas. Dalam hal ini UNIBI sebagai salah satu universitas yang memfokuskan lulusannya kedalam bisnis dan teknologi khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis akan menyelenggarakan sosialisasi untuk memanfaatkan teknologi dalam menangkap peluang berbisnis di zaman yang sudah modern ini. Dikutip dari republika.co.id pada 12 september 2017, menurut Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif Kementerian Pemuda dan Olahraga Joni Mardizal mengatakan hingga Senin minat berwirausaha pemuda Indonesia masih relatif cukup rendah. Minat anak muda lebih ingin menjadi PNS atau pekerja BUMN.

Seiring dengan visi dan misi UNIBI yang menjadi pusat unggulan di bidang entrepreneurship akan memberikan pengetahuan mengenai berwirausaha, bagaimana membangun usaha dengan modal minim dan memanfaatkan teknologi. Luaran yang diharapkan pada kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan bahwa teknologi dapat dimanfaatkan untuk menjalankan usaha khususnya usaha tanpa modal dan menumbuhkan minat wirausaha pada siswa siswi SMA Pendidikan Membangun Bangsa Bandung.